MANFAAT IKAN PATIN JAMBAL

Manfaat Ikan Patin Jambal
=======================







Ikan Patin Jambal ini ternyata bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel dan ikan patin jambal Siam masih berkerabat dengan ikan Patin Raksasa Mekong. Mereka sama-sama anggota genus Pangasius yang menghuni daerah aliran sungai Mekong dan Chao Phraya. Ikan ini memiliki nama lain, seperti: Patin Siam, Ikan Lele Bangkok, atau Hiu Bangkok.

Disebut sebagai Hiu Bangkok nampaknya karena memang porsi tubuhnya yang besar, dibandingkan dengan jenis ikan berkumis atau Catfish lainnya. Nama latin ilmiah dari Patin Jambal Siam adalah Pangasius Hypophthalmus. Dan sekarang ikan ini mulai banyak dibudidayakan untuk tujuan konsumsi.

Rasa daging Ikan Patin Jambal Siam ini amat lezat. Dagingnya tebal sehingga biasanya diolah menjadi fillet-fillet daging siap masak. Penjualan ikan ini amat laris dengan keuntungan yang besar pula di tingkat petaninya karena ukuran tubuhnya yang besar bisa menghasilkan puluhan hingga ratusan kg daging fillet.

Ikan Patin Raksasa Mekong juga memiliki manfaat banyak sekali untuk kesehatan, sebagai berikut:

1. Mencegah Penyakit Autoimun Seperti ITP

ITP adalah Idiopatic Trombositophenia Purpura, merupakan penyakit autoimun yang tidak diketahui penyebabnya. Namun memiliki gajala yang khas berupa pecahnya pembuluh darah kapiler. Jadi penderitanya bakal sering mengalami memar dan muncul bintik-bintik darah yang disebut purpura atau petekie.
Penyakit ITP tidak ada obatnya, maka menyerang seumur hidup. Sebelum ini terjadi, sebaiknya anda mengonsumsi ikan Patin Jambal Siam, karena dipercaya dapat memperbaiki sistem autoimun.

2. Menghindarkan dari Serangan Lupus

Sama dengan ITP, Lupus juga tergolong penyakit autoimun. Di mana tubuh penderita gagal mengenali penyakit atau serangan bakteri dan virus dari luar tubuh. Bukannya unsur bahaya yang diserang, antibody atau imun penderita justru menyerang jaringan sehat. Kita bisa melihat wujudnya dalam bentuk ruam-ruam di tubuh penderita lupus.

Supaya anda tidak terkena Lupus, sebaiknya anda banyak mengonsumsi ikan, seperti ikan Patin Jambal Siam, sebab ikan ini memang akan memperbaiki sistem kekebalan tubuh anda, sehingga tidak resisten terhadap jaringan sehat.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Penyakit Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi biasanya menimpa orang lanjut usia. Namun anak muda pun bisa terkena. Selama ini mitosnya, Hipertensi terjadi karena emosi seseorang yang tak terkendali, sering marah-marah. Ada pula asumsi lain bahwa tekanan darah tinggi karena kelebihan kadar garam.

Mana yang benar? Semuanya benar. Marah-marah akan melejitkan tekanan darah. Dan kebanyakan makan garam, juga membuat garam mengendap di darah sehingga tekanan darah pun meningkat. Untuk mengobati ini, sebaiknya anda mulai melirik khasiat ikan Patin Jambal Siam.

4. Manfaat Ikan Patin Jambal Siam untuk Cegah Kanker

Sel-sel kanker konon sebenarnya selalu ada di dalam tubuh manusia. Hanya saja tidak ganas dan berpotensi buruk. Namun bila anda atau kerabat anda terkena kanker, ada baiknya sarankan untuk konsumsi ikan Patin Jambal Siam. Di mana ikan ini kaya dengan asam amino essensial yang akan membuat sel-sel tubuh bisa tumbuh sehat.

5. Dapat Mengaktifkan Kelenjar Pineal

Kelenjar Pineal adalah kelenjar sebesar biji kacang yang letaknya di tengah otak manusia. Pineal berfungsi untuk memberikan efek tenang bagi pikiran bawah sadar manusia. Sehingga seseorang akan menjadi selalu ceria, baik suasana hatinya. Kelenjar ini ternyata bisa diaktifkan oleh ikan Patin Jambal Siam.

6. Membesarkan Otot

Inilah manfaat ikan Patin Jambal Siam yang paling banyak dicari orang nampaknya. Apalagi kaum pria yang hobi melakukan body building. Pastilah akan sering mencari cara agar otot jadi besar. Caranya ternyata mudah sekali, cukup dengan olahan makanan berbahan dasar ikan Patin Jambal Siam.

7. Makanan Alternatif Diet

Jika anda sedang jalani diet, pastilah sering tergiur ingin menyerah saja. Puasa terus berbulan-bulan tiap hari membuat otak mulai susah berpikir. Anda pun akhirnya mencari makanan alternatif diet. Nah, saatnya memasukkan ikan Patin Jambal Siam ke dalam menu makanan diet anda, ya? Aman kok! Rendah kalori, kaya dengan HDL.

8. Mengatur Kadar Cairan dalam Tubuh

Tubuh manusia memiliki cairan. Di mana cairan ini akan membuat tubuh jadi lembab. Kelebihan cairan di tubuh bisa menimbulkan reaksi pembengkakan. Jika di kaki kita mengenalnya sebagai penyakit beri-beri. Untuk mengobati penyakit ini sebaiknya anda memakan vitamin B kompleks, seperti yang terkandung di dalam ikan Patin Jambal Siam.

9. Baik untuk Ibu Hamil

Ibu hamil selalu disarankan makan makanan dengan kadar protein dan zat besi tinggi. Tidak perlu repot-repot mencari makanan aneh-aneh, apalagi suplemen dan susu-susu ibu hamil. Sebab, ikan Patin Jambal Siam saja sudah cukup.

10. Manfaat Ikan Patin Jambal Siam dapat Mencegah Osteoporosis dan Rakitis

Osteoporosis adalah penyakit pengapuran tulang, membuat tulang mudah rapuh. Sedangkan Rakitis adalah penyakit kelainan pertumbuhan tulang, sehingga tulang jadi melengkung, biasanya menimpa anak-anak, di mana kaki mereka cacat, tumbuhnya bengkok. Untuk mencegah kedua penyakit tulang ini, anda membutuhkan kandungan kalsium dan fosfor yang ada di dalam ikan Patin Jambal Siam.

Komentar